Khayangan News

Media Online Paling Akurat dan Terpercaya

Sabtu, 04 Juni 2022

Kreatif, Pemkot Sungaipenuh Atasi Sampah menjadi Ekonomi Masyarakat dengan model TPS3R.


lKhayanganNews, Sungaipenuh-Jambi, – Untuk mengatasi masalah yang sedang dialami Masyarakat Kota Sungai Penuh saat ini adalah masalah Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah.

Dari pantauan Media ini Sabtu (4/6/2022) upaya yang sedang dilakukan oleh Pemerintah Sungai Penuh mempercepat mengatasi masalah sampah ini adalah dengan membangun serana tempat daur ulang sampah yang disebut TPS3R. didesa desa.

TPS-3R adalah sistem pengolahan sampah dengan inovasi teknologi mesin pencacah sampah dan pengayak kompos yang lebih efektif dan efesien. Hasil pengolahan sampah organik berupa kompos digunakan untuk pupuk tanaman hias dan herbal yang ditanam dilahan sekitar TPS untuk dijual.

Program TPS 3R bertujuan untuk mengurangi kuantitas dan atau memperbaiki karakteristik sampah, yang akan diolah secara lebih lanjut di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) sampah dan berperan dalam menjamin semakin sedikitnya kebutuhan lahan untuk penyediaan TPA sampah di perkotaan.

Wakil Wali Kota Sungai Penuh DR. Alvia Santoni, SE, MM mengharapkan dengan keberadaan TPS 3R ini dapat menjadi alat pemacu semua pihak, terutama bagi generasi muda, sehingga semakin banyak orang- orang yang peduli terhadap permasalahan lingkungan hidup khususnya pengelolaan sampah skala rumah tangga,” kata Antos

Pihaknya juga mengimbau masyarakat dan menginstruksikan kepada SOPD terkait dalam beberapa hal sebagai berikut, kepada masyarakat kota Sungai Penuh agar mensukseskan dan mendukung keberadaan TPS 3R dengan cara ikut berpartisispasi mengelola sampah rumah tangga, di shodaqohkan ke TPS 3R atau menjadi penerima manfaat.

“Saya berharap kepada seluruh masyarakat dan pemerintah dapat bersinergi melaksanakan kegiatan penyelamatan dan pelestarian lingkungan hidup khususnya pengelolaan sampah di Kota Sungai Penuh,” demikian Antos.

(Pewarta : Kh/Editor: HnF.2022) 

Share:

0 comments:

Posting Komentar



Arsip Blog

Beriklan Di sini?

Untuk beriklan Hubungi Contact Person +62 852 4655 3855





Total Tayangan Halaman