Khayangan News

Media Online Paling Akurat dan Terpercaya

Minggu, 27 Februari 2022

Walikota Sungai Penuh Peroleh Gelar Kehormatan Kanjeng Raden Tumenggung Dari Keraton Surakarta Hadiningrat

KhayanganNews, Surakarta, - Walikota Sungai Penuh, Ahmadi Zubir dianugrahi gelar Kanjeng Raden Tumenggung (KRT) dari Karaton Surakarta Hadiningrat di Ndalem Kayonan Keraton Surakarta, Jawa Tengah, Sabtu malam (26/2). 

Dari Karaton Surakarta Hadiningrat juga menganugrahi Ketua TP-PKK Kota Sungai Penuh Ny.Herlina Ahmadi dengan gelar Kanjeng Mas Tumenggung (KMT) . 

Gelar tersebut diberikan oleh Sri Susuhunan SISKS Pakoe Boewono XIII didampingi Prameswari Dalem GKR Pakoe Boewono dalam rangka Hari Besar Raja Karaton Tingalandalem Jumenengan ke 18 ISKS Paku Buwono XIII. 
Karaton Surakarta Hadiningrat menyematkan nama kepada Wako Ahmadi dengan gelar KRT. Drs. Ahmadi Zubir Gunodipuro, MM. Sedangkan, Ketua TP-PKK disematkan Gelar KMT. Herlina Cahyaningtyas, S.Sos. 

Gelar kehormatan tersebut diberikan berdasarkan kriteria dan penilaian tersendiri yang dilakukan oleh Abdi dalem Karaton Surakarta kepada tokoh atau pemimpin yang mampu berkarya dan melestarikan budaya serta menjaga keberagaman. 

Wako Ahmadi mengaku tidak pernah membayangkan sebelumnya bahwa dirinya akan mendapat gelar kehormatan dari Karaton Surakarta Hadiningrat tersebut. Menurutnya kepercayaan yang telah diberikan Karaton Surakarta Hadiningrat kepada dirinya menjadi amanah untuk terus melestarikan adat dan budaya. 

"Ini tanggung jawab dan amanah bagi saya untuk terus menjaga kelestarian budaya khususnya budaya daerah Kota Sungai Penuh," Tutur Wako Ahmadi. 

Pada kesempatan itu, Wako Ahmadi terlihat memakai pakaian beskap lengkap dengan blangkon dan keris. Prosesi pemberian anugerah gelar tersebut berlangsung secara khidmat dan sakral.

(Pewarta : Kh/ Sumber; Hms.pemkot.2022) 
Share:

0 comments:

Posting Komentar



Arsip Blog

Beriklan Di sini?

Untuk beriklan Hubungi Contact Person +62 852 4655 3855





Total Tayangan Halaman