Khayangan News

Media Online Paling Akurat dan Terpercaya

Sabtu, 29 April 2023

Wawako Antos hadiri Peringatan Hari Otonomi Daerah Di Kota Makasar 2023

KhayanganNews, MAKASSAR - Wakil Walikota Sungai Penuh Alvia Santoni menghadiri Puncak acara peringatan Hari Otonomi Daerah XXVII Tahun 2023 di gelar di Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan yang dipusatkan di Anjungan Pantai Losari.(29/4)

Puncak peringatan ini dihadiri langsung Menteri Dalam Negeri (mendagri) RI Prof. Drs. H. Tito Karnavian, M.A, Ph.D., selaku Inspektur Upacara dan sebanyak 546 Kepala Daerah yang terdiri dari 38 gubernur, 93 walikota, dan 415 bupati juga hadir pada kegiatan tersebut. Dengan menampilkan parade bendera dari 541 kabupaten yang ada di Indonesia, dengan menggunakan 100 perahu nelayan, dimaknai sebagai bukti kebersamaan sesuai dengan tema yang diusung Yakni “Otonomi Daerah Maju, Indonesia Unggul.

Tito Karnavian mengatakan, selama 27 tahun berjalannya Otonomi Daerah menimbulkan dinamika dan plus minus dalam mengembangkan daerah. "Dalam praktiknya terjadi dinamika. Awalnya lebih banyak kewenangan di daerah tingkat dua (kabupaten/kota), lalu terjadi tarik-menarik antara pusat, daerah tingkat satu (provinsi), dan daerah tingkat dua".
Pada prinsipnya, dia melanjutkan, terdapat enam kewenangan absolut atau mutlak yang menjadi ranah pemerintah pusat. Enam urusan itu adalah politik luar negeri, pertahanan, keamanan, kebijakan moneter dan fiskal nasional, agama, dan yustisi. Selebihnya, menurut Tito, merupakan bagian dari keberagaman Indonesia yang membutuhkan sentuhan berbeda di setiap daerah, sesuai karakteristik masing-masing.

Setelah rangkaian upacara selesai, Wawako Antos bersama para kepala daerah lainnya menandatangani prasasti peringatan hari otonomi daerah dan kemudian dilanjutkan dengan berkunjung ke Festival Coto Makassar di anjungan Losari, masuk ke Festival Inovasi Pemda, serta menelusuri Lorong Wisata di Kota Makassar.(Kh*) 
Share:

0 comments:

Posting Komentar



Arsip Blog

Beriklan Di sini?

Untuk beriklan Hubungi Contact Person +62 852 4655 3855





Total Tayangan Halaman