Khayangan News

Media Online Paling Akurat dan Terpercaya

Senin, 10 April 2023

Berbagi Berkah, Ikatan Apoteker Indonesia Sungai Penuh Gelar Bakti Sosial Ramadhan


KhayanganNews, Sungai Penuh,- Apoteker kesehatan memiliki spesialisasi menggunakan, menyimpan, dan menyediakan obat-obatan. apoteker dapat memberikan panduan ataupun informasi cara menggunakan obat, serta menginformasikan potensi efek samping obat diminum.

Apoteker memberikan obat sesuai rekomendasi resep dari dokter. Selain itu, apoteker juga berkontribusi dalam penelitian dan pengujian obat baru. Apoteker tak hanya bekerja di apotek, melainkan juga klinik kesehatan, rumah sakit, universitas, dan lembaga pemerintah.

Bulan suci Ramadhan Apoteker kota sungai penuh tergabung pada IAI Sungai Penuh terbentuk pada tanggal 18 Desember 2022 lalu.

Bhakti Sosial Ramadhan Perdana dilakukan Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Sungai Penuh. Kegiatan “ Bulan Ramadhan Bhakti Sosial Apoteker Beduk Berbagi dan Edukasi”

Dilaksankan oleh seluruh Apoteker tergabung pada pengurus cabang kota sungai penuh

Selaku Dewan penasehat PC IAI Kota Sungai Penuh Apt. H. Josrizal Helman, S.Si di 5 kecamatan dalam 6 wilayah kerja puskesmas.
Wilayah kerja pkm S.Penuh, 2. Wilayah kerja pkm desa gedang, 3. Wilayah kerja pkm koto lolo, 4. Wilayah kerja pkm sungai liuk, 5. Wilayah kerja pkm rawang, dan, 6. Wilayah kerja pkm koto baru.

Dilakukan kunjungan lansung kerumah kediaman pasien pasien kronis dan tidak mampu dimana  datanya diperoleh dari puskesmas wilayah kerjanya.

Bentuk kegiatan : kegiatan bulan ramadhan bhakti sosial Apoteker Beduk (Berbagi dan Edukasi) Dengan tema : Home Pharmacy Care dan berbagi paket ramadhan

Tekhnis pelaksanaan setelah acara pembukaan yang dilaksanakan di aula puskesmas sungai penuh.

Apoteker PC IAI Sungai penuh dibagi dalam enam kelompok, masing masing kelompok menuju area wilayah kerja puskesmas masing masing, menuju rumah pasien pasien yang telah didata sebelumnya.

Pasien diedukasi pemakaian obatnya, dilakukan pengukuran tensi dan dilakukan penyerahahan paket ramadhan

Kegiatan ramadhan ini merupakan kegiatan perdana PC IAI Kota Sungai Penuh semenjak terbentuk pada Konfercab IAI Kerinci-Sungai Penuh pada tanggal 18 Des 2022, terpilihnya apt. Wildra Martoni, S.Farm, M.Farm sebagai ketua.

Setelah para pasien dikunjunggi diberikan pemeriksaan, obat obatan juga diberikan bingkisan sembako.

Pada umumnya, apoteker akan memberikan obat sesuai dengan rekomendasi resep dari dokter. Selain itu, apoteker juga berkontribusi dalam penelitian dan pengujian obat baru. Apoteker tak hanya bekerja di apotek, melainkan juga klinik kesehatan, rumah sakit, universitas, dan lembaga pemerintah.

Untuk itu setelah pasien di periksa dan diberikan obat, para pasien dimintak untuk menindaklanjuti pemeriksaan di puskesmas masing masing wilayah.

Apt. Wildra Martoni, S.Farm, M.Farm ketua IAI Kota Sungai penuh saat di konfirmasi disela sela kesibukannya mengatakan bahwa ini bentuk wujud peduli Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Kota Sungai penuh.

“ Ya ini wujud peduali IAI Kota Sungai Penuh terhadap Kesehatan masyarakat, ini kegiatan perdana kita, setelah dikukuhkan pada 18 Desember 2022 lalu, mudah mudahan kegiatan ini akan berlanjut terus, dan tidak lupa rasa syukur kita kegiatan ini berjalan sesuai direncanakan dan bermamfaat pada masyarakat” sebut ketua IAI Kota Sungai penuh Apt. Wildra Martoni, S.Farm, M.Farm. (Kh*) 
Share:

0 comments:

Posting Komentar



Arsip Blog

Beriklan Di sini?

Untuk beriklan Hubungi Contact Person +62 852 4655 3855





Total Tayangan Halaman