Khayangan News

Media Online Paling Akurat dan Terpercaya

Sabtu, 04 Februari 2023

Forum Intelektual Jambi, JMK Bahas Isu Strategis Relokasi Kantor Pusat Petro China Indonesia ke Jambi


KhayanganNews, Jambi,- Mengawali eksistensi Forum Diskusi Jambi Menggapai Keadilan (JMK) kembali melakukan kunjungan kerumah tokoh masyarakat Jambi, Usman Ermulan, yang berada dikawasana Pattimura, Simpang Rimbo, Kota Jambi, Sabtu (4/2/2023).

Kunjungan silaturrahmi itu digawangi oleh pentolan JMK yakni Fier Har Yadi, Ritas Mairiyanto, Wak Jenggot, Jepri Bintara Pardede serta dr. Noviardi yang disambut langsung oleh Mantan Bupati Tanjungjabung Barat (Tanjabbar) dua priode itu.

Tidak hanya itu, diskusi yang begitu hangat dan mencair itu juga dihadiri oleh Prof. As’ad Isma yang merupakan Wakil Rektor UIN STS Jambi serta Anggota DPRD Provinsi Jambi di Komisi IV yakni Fadli Sudria.

Pada kesempatan itu Prof. As’ad Isma mengatakan," Terkait isu yang dibawa oleh JMK untuk meminta PT. Petrochina berkantor di Jambi. Menurutnya, dengan berkantornya Petrochina di Jambi akan lebih memudahkan masyarakat Jambi untuk menyampaikan aspiras secara langsung." Ujar Prof.Asad Isma

Dalam diskusi itu, Fiet mengaku JMK merupakan forum diskusi intelektual yang akan membahas isu kedaerahan yang laik untuk diangkat menjadi isu Nasional. Maka dari itu, ia berharap JMK yang dulunya sempat menjadi forum diskusi tersohor pada masanya kembali mendapat dukungan luas bagi masyarakat Jambi.

Diantara isu itu, JMK mengutarakan beberapa persoalan felik yang menjadi agenda, selain persoalan angkutan batu bara yang kini sedang hangat diperbincangkan JMK juga berharap keberadaan kantor PT. Petrochina berada ditanah ‘Sepucuk Jambi Sembilan’.

Alasan pemindahan itu sangat sederhana. Namun, berdampak kepada kepentingan masyarakat luas di Jambi terutama soal penyerapan informasi dan ketenagakerjaan diperusahaan yang bergerak dibidang pengeboran minyak tersohor di Jambi itu

Menanggapi itu, Usman Ermulan yang merupakan Mantan DPR RI tiga priode itu mengafresiasi langkah baik yang dilakukan oleh JMK untuk kepentingan masyarakat Jambi. Maka dari itu, ia berharapa forum diskusi JMK terus eksis yang memberi kontribusi terhadap pembangunan di Jambi.

“Saya sangat mendukung ide dan gagasan Forum JMK ini, ini merupakan sebuah isu yang harus diperjuangkan. Saya sepakat jika Petrochina berkantor di Jambi,” ujarnya dengan penuh dukungan kepada JMK, Sabtu (4/2/2023).

Karna kata dia, banyak manfaat jika pihak Petrochina berada atau berkantor di tanah Jambi. Kendati demikian katanya, persoalan itu harus memiliki komitmen dan kerja yang baik agar tujuan tersebut terwujud baik diinternal JMK maupun diluar internal.

“Teruskan perjuang ini demi masyarakat Jambi, saya sebagai masyarakat Jambi sangat mendukung ide dan gagasan ini. InsyAllah terwujud,” kata dia.

Tidak hanya itu, ia juga menceritakan keberhasilan kepemipinan Alm. Zulkifli Nurdin. Pada masanya, Zulkifli Nurdin mampu membawa PTPN VI berkantor di Jambi. Begitupun ia berharap, pada masa kepemimpinan Al Haris mencatat sejarah bahwa keberadaan kantor Petrochina berada di Jambi.

“Harus kita dukung dan support. Yang mendukung dan mendorong itu (kantor Petrochina berada di Jamb) harus dari kawan-kawan JMK,” tukasnya.

Disisi lain, soal carut marut angkutan transportasi Batu-bara di Jambi yang kini semakin menjadi-jadi. Usman Ermulan juga sepakat jika JMK getol menyuarakannya, ia pun sepakat dengan JMK jika solusi yang tepat untuk angkutan Batu-bara dialihkan kealiran sungai Banghari.

Menurutnya, mau tidak mau persoalan angkutan Batu-bara harus menempuh transportasi air. Karena, menurutnya selain mengurai kemacetan jalan darat yang selalu menimbulkan polemik ditengah masyarakat transportasi air lebih ekonomis dibanding angkutan darat.

“Dengan angkutan sungai nantinya juga akan tercipta peluang ekonomi baru. Nah, bagi ibu-ibu yang berada dialiran sungai Batanghari bisa berusaha dengan berjualan, mungkin jualan nasi gemuk lontong kepada ponton-ponton yang lalulalang melintas,” sebutnya.

(Pewarta ; Kh/Editor.Rf.23) 







Share:

0 comments:

Posting Komentar



Arsip Blog

Beriklan Di sini?

Untuk beriklan Hubungi Contact Person +62 852 4655 3855





Total Tayangan Halaman