Khayangan News

Media Online Paling Akurat dan Terpercaya

Sabtu, 14 Januari 2023

Gunung Kerinci Kembali Erupsi Melontarkan Abu Vulkanik Mencapai 1200 M, Berada pada Status Level II Masyarakat di minta Waspada


KhayanganNews, Kerinci-Jambi,- Gunung Kerinci kembali mengalami erupsi semenjak Rabu 11 Januari 2023 Gunung Kerinci erupsi dengan menyemburkan abu vulkanik setinggi 1.200 meter.

“ Terjadi erupsi Gunung Kerinci, Jambi, Sumatera Barat pada tanggal 11 Januari 2023 pukul 18.10 WIB dengan tinggi kolom abu teramati lebih kurang 1.200 meter di atas puncak lebih kurang 5.005 meter di atas permukaan laut,”terus berlanjut  hingga hari ini Sabtu 14 Januari 2023

Pemantauan Gunung Kerinci, Irwan Syafwan membenarkan ,” Tinggi kolom abu 1.200 meter di atas puncak ini merupakan yang tertinggi sejak gunung tersebut mulai erupsi Rabu Kemaren .

Irwan menjelaskan kolom abu Gunung Kerinci teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat laut. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 5 mm dan durasi sementara ini lebih kurang 10 menit.

“Seismik terekam tremor menerus dengan amplitudo maksimal 5 mm dominan 3 mm,” ujar Irwan.

Saat ini Gunung Kerinci berada pada status level II atau waspada. Masyarakat di sekitar Gunung Kerinci, pengunjung atau wisatawan tidak diperbolehkan mendaki kawah yang ada dipuncak gunungapi Kerinci dalam radius 3 km dari kawah aktif. Irwan menyarankan sebaiknnya jalur penerbangan di sekitar gunung api Kerinci di hindari karena sewaktu-waktu masih memiliki potensi letusan abu dengan ketinggian yang dapat mengganggu jalur penerbangan ucap nya .

Rapat koordinasi pun di lakukan melalui lintas sektoral bersama bupati kerinci beserta OPD melibatkan TNI,polri kejaksaan dan BVMBG, BMKG, BASARNAS, beserta camat dan Kades, mitigasi terhadap bencana erupsi gunung kerinci Insyaallah Aman Gunung mengeluarkan Abu vulkanik pemerintah kabupaten kerinci menghimbau jangan panik namun kita tetap waspada keluar rumah pakai masker,akan di lakukan sosialisasi tanggap bencana sesui SOP tanggap bencana hindari hala-hal maksiat yang mengundang Murka Allah SWT, semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT amin.

(Penulis/Editor: Kh/ Sumber: Tim.Khy.23) 




Share:

0 comments:

Posting Komentar



Arsip Blog

Beriklan Di sini?

Untuk beriklan Hubungi Contact Person +62 852 4655 3855





Total Tayangan Halaman