Khayangan News

Media Online Paling Akurat dan Terpercaya

Jumat, 24 Desember 2021

Gus Yahya Cholil Staquf Ketua PBNU Terpilih di Muktamar NU 34 di Lampung, Ini Biografi terbarunya

KhayanganNews, Jakarta,- Gus Yahya Cholil Staquf akhirnya terpilih menjadi Ketua PBNU periode 2021-2026 dalam Muktamar NU ke 34 di Lampung pada Jumat 24 Desember 2021. Sedangkan Rais Am PBNU KH Miftachul Akhyar.

Gus Yahya Cholil Staquf melanjutkan Kepemimpinan KH Said Aqil Siradj, dengan raihan suara Gus Yahya memperoleh 337 suara, KH Said Aqil Siradj telah memperoleh 210 suara.
Seiring menjadi Ketua PBNU terpilih, profil dan biodata terbaru Yahya Cholol Staquf (Gus Yahya) banyak dicari siapa sebenarnya Gus Yahya tersebut.

Berikut KhayanganNews, menyajikan profil dan biodata Yaqut Cholil Staqut atau Gus Yahya yang dihimpun dari berbagai sumber.

Gus Yahya merupakan kakak kandung dari Menteri Agama Yaqut Choilil Coumas. Gus Yahya sebenarnya sudah dikenal ketokohannya karena dia juga keponakan KH Mustofa Bisri (Gus Mus), sekaligus beliau pernah menjadi juru bicara Presiden RI Ke-4, Abdurrachman Wahid.

Kalau dilihat dari garis keturunan Gus Yahya memang dilahirkan dan dibesarkan di kalangan para ulama Jawa terkemuka (ulama khos).

Jadi tentu saja pendidikannya soal agama begitu kental mulai dari masa kanak-kanak awal pendidikan formal dan spiritual pertama oleh ayahnya, kakek dan pamannya, dari keluarga Bisri yang terkenal dari Rembang, Jawa Tengah

Selanjutnya dari KH Ali Maksum (1915-1989) dirumahnya sekaligus merupakan madrasah di Yogyakarta. Sementara KH Ali Maksum sendiri adalah murid langsung Syekh Umar Hamdan al-Makki (1858-1948) dan Syekh Hasan Masshat al-Makki (1900-1079).

Kalau dilihat dari kariernya sebenarnya Gus Yahya Cholil Staqufmasih orang dekat KH. Said Aqil. Jabatan Gus Yahya sebelumnya  adalah katib ‘aam PBNU di bawah kepemimpinan KH. Said Aqil.

Oleh : Khairi
Sumber : Info NU

Share:

0 comments:

Posting Komentar

Arsip Blog

Beriklan Di sini?

Untuk beriklan Hubungi Contact Person +62 852 4655 3855





Total Tayangan Halaman