Pemilihan Anggota BPD Desa Seberang Dinilai Tidak Transparan



KHAYANGANNEWS - Hasil pemilihan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Seberang, Kecamatan Pesisir Bukit, Kota Sungai Penuh yang digelar Minggu malam (15/9/2019) dipersoalkan Masyarakat dan beberapa kandidat Calon Anggota BPD Desa Seberang.

Pemilihan anggota BPD Desa Seberang tersebut dinilai tidak transparan dan diduga sarat kepentingan. Pasalnya, warga yang mencalonkan diri menjadi anggota BPD tidak diberitahu oleh Panitia terkait pemilih yang memiliki hak pilih pemilihan Calon Anggota BPD Desa Seberang. Menariknya, Undangan untuk pemilih Calon Anggota BPD Diberikan satu jam sebelum pemilihan, diduga pihak panitia sengaja melakukan hal-hal yang menguntungkan salah satu calon.

Sahidin salah satunya. Calon anggota BPD Desa Seberang ini, mengaku kecewa dengan penyelenggaraan pemilihan tersebut. Ia menyebut tidak mengetahui Calon Pemilih anggota BPD desa Seberang, dan sengaja tidak di umumkan nama-nama pemilih dan menariknya lagi Pemilih sengaja ditumpukkan di salah satu RT 03 desa seberang untuk memenangkan calon yang juga berasal dari RT tersebut.

"Dalam pemilihan ini saya kecewa, tidak Transparannya panitia dalam menyelenggarakan Pemilihan Anggota BPD Desa Seberang, pasalnya salah satu panitia memiliki hubungan kedekatan kekeluargaan dengan salah satu calon antara ayah dan anak.

Menurut Sahidin, penyelenggaraan pemilihan anggota BPD tersebut diatur oleh panitia sedemikian rupa dan terkesan tertutup dan tidak sesuai aturan.

"Seolah-olah, jangankan untuk pribadi saya, pribadi yang lain juga seolah-olah mereka sudah menyeting duluan. Entah itu di acaranya atau pembentukannya itu di desa sendiri atau dari tim kecamatan, saya juga tidak tahu," ucap sahidin.

Meski demikian, sahidin tidak menyebut siapa yang menyeting penyelenggaraan pemilihan BPD Desa Seberang tersebut. "Kita tidak tahu ini setingan siapa. Sedangkan dalam aturan yang tertuang di perwako banyak hal tentang aturan pemilihan BPD yang di kangkangi," kata sahidin.

"Saya kan mencalonkan diri sebagai BPD juga kan yang sekarang, seharusnya sosialisasi dulu ketengah-tengah masyarakat, dimusyawarahkan terlebih dahulu ke dusun masing-masing," tambah sahidin.

Sahidin berharap, pemilihan anggota BPD Desa Seberang dapat diulang dengan transparan dan sesuai dengan aturan. "Harapan saya, mudah-mudahan pemilihan anggota BPD lebih baik dibentuk ulang. Pemilihan ulang lagi, Agar Transparan dan tidak menimbulkan permasalahan di tengah-tengah masyarakat," tegas Sahidin.
(Red)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Masyarakat Kecamatan Koto Baru Dikeroyok Tim Paslon 02. Pengeroyok Dari Luar Kecamatan Koto Baru

Yos Adrino Calon Wakil WaliKota Resmi dilaporkan Ke Bawaslu Sungai Penuh

Candra yang diduga seorang Dukun membawa veni(22) Mahasiswi UNP nikah lari, di keroyok hingga babak belur oleh pihak Keluarga veni