Putra Sakti Alam Kerinci Berpeluang Jadi Ketua DPRD Provinsi Jambi

Oleh : FESDIAMON

Pemilu April 2019, tidak hanya sekedar memilih Anggota DPR, DPRD, DPD, dan Presiden-Wakil Presiden. Banyak hal, yang juga menjadi target peserta Pemilu yakni Partai Politik. Salah satunya adalah, perebutan kursi Pimpinan DPR dan DPRD. Pimpinan lembaga legislatif ini, akan diisi oleh Partai pemenang pemilu. Oleh Partai, akan menunjuk salah satu kadernya yang terpilih sebagai anggota dewan untuk menduduki kursi Pimpinan Dewan.

Untuk di Jambi, pada Pemilu 2014 yang lalu, ada empat partai pemenang yang menduduki kursi Pimpinan Dewan. Diantaranya, Demokrat diisi oleh Cornelis Buston sebagai ketua DPRD Jambi, PDIP oleh Chumaidi Zaidi, Gerindra diisi oleh Sahbandar, dan Golkar diisi oleh Alm. Zoermam Manaf.

Sekarang mari kita menakar kemungkinan hasil Pemilu 2019. Kalau menurut kami, empat partai pemenang Pemilu di Jambi pada tahun 2014 akan tetap menduduki kursi Pimpinan DPRD Jambi. Hanya saja rangking partainya yang berbeda. Ini disebabkan, adanya pengaruh Pilpres bersamaan dengan Pemilu legislatif. Sementara, pada 2014 Pilpres tidak dilaksanakan serentak dengan pilleg. Maka dari itulah kami berkesimpulan bahwa, partai yang memiliki calon presiden seperti GERINDRA dan PDIP lebih diuntungkan pada Pemilu kali ini.  Oleh karena itu, komposisi pimpinan DPRD Jambi nantinya adalah GERINDRA sebagai ketua DPRD, dan unsur pimpinan lainnya akan diisi dari PDIP, GOLKAR, dan Demokrat. Posisi Gerindra sebagai pimpinan DPRD, merujuk pada kuatnya posisi Prabowo sebagai calon Presiden di Jambi. Maka, partai Gerindra di Jambi, akan mendulang suara terbanyak pada Pemilu kali ini.

Lantas dimana peluang putra Sakti Alam Kerinci akan menduduki kursi Ketua DPRD Jambi ? Mari kita kembali menerawang empat Partai Pemenang Pemilu diatas, yakni Gerindra, PDIP, Golkar, dan Demokrat. Kita bahas dari PDIP dulu. Kalau PDIP terjaring sebagai unsur pimpinan, maka menurut kami yang akan menduduku kursi tersebut adalah Edi Purwanto. Sebab, Edi Purwanto adalah Ketua DPD PDIP Jambi. Jika, Golkar terjaring untuk menduduku kursi Pimpinan DPRD Jambi, maka kuat dugaan kursi tersebut akan diisi oleh Ivan Wirata, mantan calon Bupati Muaro Jambi, yang juga punya hubungan baik dengan Golkar. Ini dibuktikan bahwa Golkar pernah mengusung Ivan Wirata sebagai calon Bupati Muaro Jambi. Sekarang mari kita lihat Demokrat, kalau Demokrat juga terjaring sebagi empat partai pemenang Pemilu, maka kursi pimpinan DPRD akan diisi oleh Burhanudin Mahir, mantan Bupati Muaro Jambi yang juga Ketua DPD Demokrat Jambi. Kesemua nama akan berlaku, tentulah jika mereka terpilih sebagai anggota DPRD Jambi hasil pemilu April mendatang.

Dari nama-nama diatas, jelas tidak ada keterwakilan wilayah Kerinci-Sungai Penuh untuk menduduki kursi Pimpinan DPRD Jambi. Sekarang mari kita liat Gerindra, telah kita jelaskan diatas bahwa Partai Gerindra di Jambi kuat dugaan akan memenangkan Pemilu di Jambi. Jika dugaan ini benar, maka Gerindralah yang akan menduduki kursi Ketua DPRD Jambi. 

Jika Gerindra yang menduduki kursi Ketua DPRD Jambi, pertanyaanya siapakah orangnya ? Kalau menurut hemat kami, dikarenakan adanya kasus OTT yang menjerat anggota DPRD Jambi, yang mana didalamnya juga terdapat para petinggi partai yang juga anggota Dewan dari Gerindra. Maka kuat dugaan, bahwa yang menduduki kursi Ketua DPRD Jambi jelas bukanlah incumbent, meskipun mereka terpilih kembali. Ini disebabkan karena mereka tersandra kasus OTT. Maka, kursi Ketua DPRD Jambi dari Partai Gerindra adalah figur baru.

Dari sinilah kami mulai melihat adanya peluang bagi putra Sakti Alam Kerinci untuk menduduki kursi Ketua DPRD Jambi. Disamping alasan diatas, alasan lainnya adalah Sutan Adil Hendra selaku Ketua Partai Gerindra nyaleg untuk DPR RI Dapil Jambi. Sehingga, tidak mungkin beliau akan jadi ketua DPRD Jambi.

Lantas siapa putra Sakti Alam Kerinci yang berpeluang tersebut ? maka jawaban pertama adalah Putra Kerinci yang nyaleg lewat Partai Gerindra untuk DPRD Jambi, dapil Kerinci. Bukan partai lainnya, mengapa? Hal ini sudah kami jelaskan diatas. Sekarang, mari kita mengkerucut pada figurnya, menurut kami, kuat dugaan bahwa figur putra Sakti Alam Kerinci yang akan menduduki kursi Ketua DPRD Jambi adalah Saiful Roswandi, yang nyaleg untuk DPRD Jambi dari partai Gerindra dapil Kerinci-Sungai Penuh nomor urut enam.

Kami mengatakan bahwa Saiful Roswandi yang berpeluang menduduki kursi ketua DPRD Jambi, bukan tanpa alasan. 

Pertama, Saiful Roswandi sebagai pendatang baru di Gerindra sudah menjabat sebagai Wakil Ketua DPD Gerindra Jambi. Posisi ini jelas, akan menjdi posisi tawar yang baik untuk merebut kursi DPRD Jambi. Karena secara struktural partai, Saiful Roswandi juga bagian dari pengmbil kebijakan. 

Kedua, Saiful Roswandi juga memiliki hubungan emosional yang baik dengan Ketua Gerindra Jambi Sutan Adil Hendra (SAH). 

Ketiga, Sutan Adil Hendra dibeberapa pertemuan sering kali menyebutkan bahwa Partai Gerindra adalah " Partai uhang Kinci" artinya, tidak satupun kepentingan orang Kerinci yang tidak dipenuhi oleh pimpinan komisi X DPR RI ini. Pernyataan Gerindra Partai Uhang Kinci, sering disampaikan di forum-forum resmi maupun non resmi disetiap SAH memberikan sambutan. 

Dapat dipastikan, hubungan Politik Sutan Adil Hendra (SAH) dengan orang Kerinci sangat baik. Disamping istri dari SAH juga orang Kerinci asli. Ini juga menegaskan bahwa secara tidak langsung SAH berkeinginan Putra Sakti Alam Kerinci untuk menduduki kursi Ketua DPRD Jambi 2019-2024.

Meskipun demikian, peluang Saiful Roswandi untuk menduduki posisi Ketua DPRD Jambi tidak selesai sampai disitu. Semuanya kembali kepada masyarakat Kerinci-Sungai Penuh. Perolehan suara Saiful Roswandi pada Pemilu mendatang menjadi catatan penting bagi Partai Gerindra untuk menentukan siapa yang akan menduduki kursi Ketua DPRD Jambi. 

Maka momentum Pemilihan legislatif, jangan sampai sekedar agenda politik semata. Harus menjadi milik seluruh rakyat Kerinci- Sungai Penuh, dalam menentukan masa depan politik di kancah regional. Jika, Saiful Roswandi memperoleh suara terbanyak dari semua caleg Gerindra yang terjaring sebagai anggota DPRD Jambi, dapat dipastikan Saiful Roswandi yang dipilih menjadi ketua DPRD Jambi. 

Semoga tulisan ini dapat menjadi renungan kita semua. Bahwa masa depan politik Kerinci dan Sungai penuh ada ditangan rakyatnya. Insya Allah, jika kita bersatu padu. Maka, kali ini kita akan mengukir sejarah bagi rakyat Kerinci dan Sungai Penuh. Untuk pertama kalinya putra Sakti Alam Kerinci duduk sebagai Ketua DPRD Jambi. Dan menjadi momentum yang sangat penting, jika masyarakat Kerinci-Sungai Penuh ingin berbicara kepentingan politik kedepan. Mengingat, kemampuan Saiful Roswandi memainkan dinamika politik Jambi tidak perlu diragukan lagi.

(Red)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Masyarakat Kecamatan Koto Baru Dikeroyok Tim Paslon 02. Pengeroyok Dari Luar Kecamatan Koto Baru

Candra yang diduga seorang Dukun membawa veni(22) Mahasiswi UNP nikah lari, di keroyok hingga babak belur oleh pihak Keluarga veni

Pengacara FIYOS Tidak Konsisten,Isitilah Kerinci “Kato Pagi Dak Sampai Petang”